Senin, 22 November 2021

Mobil Tiba-tiba Mogok? Bisa Jadi Ini Penyebabnya!

Tidak jarang orang-orang yang memiliki kendaraan mengalami mogok di tengah perjalanan secara tiba-tiba. Hal ini tentu saja sangat memfrustrasikan siapapun yang mengalaminya, padahal Anda sudah mengerahkan semua kemampuan untuk memberikan perawatan terbaik dengan menggunakan oli diesel terbaik. Hal ini memang merupakan hal normal yang kerap dialami oleh setiap pemilik kendaraan, meskipun sangat menyebalkan, mau tidak mau hal ini tetap harus dihadapi. Namun, untuk mengatasi masalah tersebut, Anda pastinya harus mengetahui penyebab yang membuat mobil Anda mogok secara tiba-tiba. Berikut ini adalah ulasan mengenai beberapa penyebab utama yang menyebabkan motor Anda mogok.

 

Mobil Tiba-tiba Mogok

Baterai habis atau rusak

Mungkin penyebab paling umum dari kerusakan adalah baterai yang rusak atau habis, terutama selama musim dingin. Hal ini sering terjadi jika Anda jarang melakukan perjalanan jauh karena baterai Anda belum sempat di-charge atau dipanaskan. Alasan lain baterai menjadi habis adalah karena sambungan listrik yang buruk.

 

Kerusakan roda

Jika ban Anda kurang angin, itu dapat menyebabkan ban menjadi terlalu panas. Jadi pastikan mereka tetap pada tekanan yang benar sesuai dengan ketentuan yang Anda temukan di buku pegangan manual kendaraan Anda. Jika salah satu ban terus-menerus kehilangan udara, itu bisa menjadi tanda kebocoran. Memiliki ban cadangan selalu berguna saat berkendara, terutama untuk jarak jauh. Alat untuk mengganti ban juga merupakan hal yang penting untuk disimpan di dalam mobil. Jika Anda menabrak lubang atau tekanan ban Anda turun, pastikan Anda tidak mengemudikannya terlalu lama dan membawanya ke garasi terdekat.

 

Kerusakan pada alternator

Sudah mengganti aki yang baru, tapi mobil tidak mau hidup? Bukan berarti baterainya boros, bisa jadi alternatornya. Alternator menjaga baterai tetap terisi dengan mengambil energi dari mesin. Jika suhu mesin Anda memanas secara berlebihan dan lampu di dasbor Anda menyala, jangan coba menghidupkan kembali kendaraan Anda. Ini adalah masalah besar dan akan membutuhkan bantuan di pinggir jalan karena pompa air dan/atau sabuk alternator rusak.

 

Kehabisan oli

Jika mesin Anda kehabisan oli, mesin Anda akan berhenti bekerja karena mobil membutuhkan oli mesin untuk melumasi bagian-bagian mesin agar tidak saling bergesekan dan merusak mesin sepenuhnya. Jika rusak, maka Anda mungkin perlu membeli penggantinya, jadi periksalah secara rutin menggunakan dipstick untuk memeriksa level oli. Dalam beberapa kasus, tergantung pada berapa umur mobil, pada saat lampu oli mesin rendah muncul di dasbor, hal ini berarti bahwa mungkin sudah terlambat untuk membawanya ke bengkel.

 

Kabel kopling terbakar

Kopling sering digunakan secara berlebihan oleh banyak pengemudi, misalnya, yang tidak menempatkan mobil dalam posisi netral begitu Anda berhenti di lampu lalu lintas. Jadi tidak mengherankan bahwa ini adalah salah satu penyebab paling umum yang dapat merusak mobil Anda.

 

Demikianlah hal-hal seputar penyebab mobil mogok yang biasa dialami. Semoga artikel ini bermanfaat!