Sabtu, 18 Desember 2021

Ingin Kirim Barang ke Luar Negeri? Hindari Kesalahan Fatal Berikut Ini!

 Ketika henda melakukan aktivitas kirim barang ke luar negeri, tentu Anda pasti berharap bahwa proses pengiriman bisa berjalan dengan lancar dan barang akan sampai tujuan dengan cepat, bukan? Bagi pebisnis, hal semacam ini sangat penting karena berpengaruh pada pengembangan bisnis serta kepuasan dari pelanggan.

Lantas, bagaimana jika barang yang dikirim ternyata tiba tidak tepat waktu?

Memang, jarak pengiriman ke luar negeri yang lebih jauh membuat waktu pengiriman barang menjadi lebih lama dibandingkan dengan pengiriman dalam negeri. Hanya saja, perlu diketahui bahwa bisa jadi ada kesalahan yang Anda lakukan sehingga membuat barang yang dikirim ke luar negeri tidak kunjung sampai.

Nah, pada kesempatan ini akan dibahas tentang beberapa kesalahan fatal pengiriman barang ke luar negeri yang harus Anda hindari. Apa saja? Simak ulasannya!

Ingin Kirim Barang ke Luar Negeri


Ragam Kesalahan Pengiriman Barang ke Luar Negeri yang Harus Dihindari

Sebagaimana disinggung di awal, pengiriman barang ke luar negeri yang tertunda bisa jadi disebabkan karena adanya kesalahan yang Anda lakukan. Meskipun dianggap sepele, ada beberapa kesalahan yang cenderung fatal dan sebaiknya Anda hindari ketika mengirimkan barang ke luar negeri.


Beberapa kesalahan tersebut adalah sebagai berikut:

1)      Penulisan alamat yang salah

Meskipun cenderung sepele, namun penulisan alamat yang salah cukup sering terjadi. Perlu diketahui bahwa informasi tentang alamat tujuan akan menentukan seberapa cepat barang akan sampai ke tujuan pengiriman.

Nah, jika Anda tidak mengecek penulisan alamat, bisa jadi ada kesalahan yang terjadi. Efek dari kesalahan ini bisa jadi cukup fatal. Selain barang yang dikirim tidak kunjung sampai, Anda bisa saja diharuskan membayar tambahan biaya pengiriman ataupun barang yang hilang.


2)      Packing yang salah

Setiap barang yang akan dikirim ke luar negeri memiliki standar khusus kemasan yang digunakan. Hal ini dikarenakan pengemasan merupakan salah satu bentuk perlindungan pada barang yang hendak dikirim tersebut. Terlebih dengan jarak pengiriman yang cukup jauh.

Akan tetapi, kesalahan packing cukup sering terjadi. Kesalahan ini nantinya bisa saja membuat barang yang hendak dikirim tidak lolos dalam proses pemeriksaan lanjutan. Akhirnya, barang tersebut akan tertahan di bea cukai dan tidak bisa segera dikirimkan ke alamat tujuan.


3)      Salah label

Pelabelan pada pengiriman barang ke luar negeri adalah hal yang cukup krusial. Pasalnya, detail informasi penerima, termasuk informasi barang yang dikirim ada pada label tersebut.

Lalu, apa jadinya jika pelabelan tersebut salah?

Tentu saja, akibatnya cukup fatal. Kesalahan pelabelan ketika hendak mengirim paket ke luar negeri bisa berakibat paket yang tertukar. Tidak hanya itu, barang yang dikirim bisa saja bukan sampai ke tujuan pengiriman, melainkan hilang karena informasi yang kurang jelas tadi.


Nah, beberapa hal di atas adalah sebab kenapa barang yang dikirim ke luar negeri cenderung lama sampai. Oleh karenanya, hindari kesalahan tersebut. Selain itu, pilih jasa ekspedisi yang tepat yang membantu pengecekan detail pengiriman.

Untuk rekomendasi, Anda bisa menggunakan layanan Kilo.id. Selain bantuan pengecekan, Anda akan mendapatkan layanan jasa impor Amerika dan pengiriman lainnya yang lebih terjangkau.

Deskripsi: kirim barang ke luar negeri bisa terhambat karena adanya kesalahan elementer yang terjadi. Hindari kesalahan tersebut demi kelancaran pengiriman.